Selasa, 16 Desember 2014

Berbagi Kasih (Bakti Sosial) SD Inpres Isaima (Jayawijaya) #SM3T

Selain mengajar guru SM3T merasa perlu melakukan hal yang bermanfaat lain, inilah salah satu alasan guru SM3T yang ditempatkan di SD Inpres Isaima memiliki ide mengadakan bakti sosial.

Terkadang sedih melihat anak-anak murid yang menggunakan seragam sekolah untuk bermain setelah pulang sekolah. Tak jarang mereka menggunakan pakaian itu dan itu saja, mungkin mereka mencucinya jika sudah benar-benar kotor dan sesegera mungkin menggunakannya kembali setelah kering. 

Awalnya SM3T penempatan Jaywijaya asal LPTK Universitas Mulawarman memasukkan program Baksos dalam program besar, namun seiring waktu berlalu ternyata pemerintah telah menyediakan seragam sekolah untuk setiap sekolah hanya saja belum disalurkan. Sehingga setelah beberapa kali rapat kelompok diputuskan untuk inisiatif guru SM3T sekolah masing-masing saja tanpa lepas tangan teman yang lain untuk membantu.

Atas kerja sama dengan teman-teman yang berada di Balikpapan, pada bulan November dikirimlah 50 kg pakaian untuk bakti sosial. Di terima di Wamena pada awal bulan Desember. Karena kegiatan ulangan semester dan banyaknya hal yang menyibukkan guru SM3T membuat acara bakti sosial tertunda beberap hari, sehingga dilaksanakan pada Kamis 11 Desember 2014.




Setelah membagikan untuk masing-masing siswa sesuai kelas, besar kecil mereka. Diadakan games untuk membagikan beberapa pakaian lagi kepada anak yang beruntung.


Dalam kegiatan ini, setelah sambutan dari kepala sekolah, sambutan dari Wira Sitorus (Guru SM3T) sebagai perwakilan dari penyumbang (N HKPB Balikpapan) dan juga sebagai guru SM3T sebagai perantara bakti sosial ini terlaksana. Kepala sekolahlah yang memberikan pertama kali kepada siswa sebagai pembukaan acara. 


Guru sekolah juga ikut membantu proses bakti sosial ini. Selain itu, guru di sekolah ini juga memperoleh. Kepala suku dan masyarakat (anak-anak balita dan Mama-mama)




Selain pakaian sehari-hari juga terdapat banyak pakaian seragam SD dan SMP. Untuk seragam SMP di bagikan untuk anak- anak Isiama yang bersekolah di SMP Kurulu.


Lihatlah wajah-wajah senang ini, anak-anak harapan bangsa ini.



"TERIMA KASIH.... N HKBP Balikpapan. Selamat Natal." Begitulah ucapan anak-anak ini dengan suara keras. Lantang dan sebagian berteriak. Aku yang membuat Vidio singkat itu merasakan aura bahagia dari mereka. Aku tersenyum senang, amanah itu telah kami sampaikan untuk berbagi kasih.  Sadarlah kalian untuk terus bersyukur, dari mereka ini kita bisa belajar betapa dua tiga pakaian saja sangat bergitu berarti dan memekarkan senyuman.


Kegiatan 'Bakti Sosial' ini rencananya akan dilakukan lagi. Diutamakan pakaian pramuka atau sepatu. Karena faktanya dilapangan, anak-anak ini tidak memiliki seragam pramuka dan 99% tidak memiliki sepatu. Tas mereka dari ayaman tali (Noken).

Dan, juga setelah masa tugas berakhir nanti, seluruh peserta (guru) SM3T dari LPTK Universitas Mulawarman sepakat untuk menyumbangkan sebagian besar pakaian dan barang-barang mereka kepada yang membutuhkan.

Bagi teman-teman yang mau membantu (Barang atau dana) atau punay ide yang cemerlang yang cocok dan mendukung sekolah, mau bekerja sama dengan guru-guru Sm3T di pelosok Jayawjaya silahkan hubungi di imail (esemtigate@gmail.com) atau di imail (miamie1010@gmail,com), atau komen langsung di sini boleh. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar